Perawatan baik dan benar produk kerajianan dari kayu

Apakah action Figure itu?
June 6, 2018
Tong Sampah Fiber
TEMPAT PRODUKSI TONG SAMPAH FIBERGLASS CUSTOM
February 15, 2019
Show all

Indonesia merupakan tanah yang sangat subur. Dan Indonesia juga sangatkaya akan kerajinan yang berbahan dasar kayu. Berbagai macam produk berbahan dasar kayu dan juga kerajinan seni berbahan dasar kayu ada di Indonesia. Baik kayu mentah maupun kayu hasil finishing juga masih sangat perlu perawatan yang baik dan juga tepat.

Bagi pengoleksi kerajinan khususnya yang berbahan dasar kayu, diperlukan mengetahui beberapa teknik untuk merawat agar barang koleksi anda terlihat tetap cantik dan juga awet. Nah dibawah ini kita akan ulas sedikit mengenai bagaimana perawatan baik dan benar produk kerajinan dari kayu.

Karena kayu merupakan benda yang mudah menyerap air, minyak dan jua debu. Jika tidak ditangani dengan tepat maka anda harus siap dengan konsekuensi yang akan anda dapatkan terhadap barang-barang koleksi anda.

Barang-barang berbahan kayu, terlebih barang-barang antik yang sudah jarang kita temui sangatlah wajib untuk kita rawat agar kualitas serta keindahan tetap melekat terhadapnya. Kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawat kayu yang belum dilapisi atau mentah dengan kayu yang sudah dilapisi atau sudah di finishing.

Dibawah ini akan kita ulas sedikit mengenai cara melindungi dan juga cara perawatannya.

Perawatan kerajinan kayu mentah

Untuk kayu yang masih mentah atau kayu yang belum pernah dilapisi dengan lapisan anti air dan anti minyak, misalnya melaminĀ  dan pelitur.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah mengamplas permukaan kayu sampai ke sudut-sudutnya. Gerakan mengamplas harus searah dengan serat kayu. Setelah selesai, bersihkan permukaan kayu menggunakan kuas.

Kemudian sapukan cairan linseed oil dengan memakai kuas. Tunggu beberapa menit agar cairan meresap kedalam kayu. Anda bisa menggunakan lap bersih untuk meratakan sisa cairan pada permukaan kayu. Biarkan hingga kering antara 1-2 jam. Ulangi langkah tersebut agar permukaan kayu tertutup sempurna.

Perawatan Kerajinan Kayu yang Sudah Finishing

Apabila kayu sudah diberikan pelapis melamin atau pelitur, Bersihkan kerajinan kayu menggunakan lap kering dan bersih. Anda boleh oleskan furniture wax pada kain lap bersih. Barang ini bisa anda dapatkan di toko-toko terdekat yang menyediakan perlengkapan kebutuhan rumah.

Gosok pada permukaan kayu searah serat kayu, jangan terlalu menekan tipis-tipis saja. Jika aksesori kayu terdapat banyak ukiran, encerkan wax dengan sedikit bensin atau terpentin. Gunakan kuas lukis untuk mengoleskannya pada bagian detailnya. Biarkan 15 menit dan ulangi lagi langkah tersebut agar mencapai hasil maksimal.

Perawatan kayu yang sudah finishing

Gosokkan ampas kelapa pada permukaan kayu, gosok searah serat kayu dan agak ditekan hingga ampas membentuk butiran-butiran seperti pasir. Biarkan sekitar 10 menit, kemudian bersihkan sisa ampas menggunakan lap kering bersih.

Comments are closed.