Apakah Action Figure Termasuk Kategori Patung?

Membuat Action Figure
Cara Membuat Clay Untuk Action Figure
January 1, 2018
Belajar Bikin Action Figure Sendiri
January 8, 2018
Show all
Apakah-action-figure-termasuk-kategori-patung

Apakah-action-figure-termasuk-kategori-patung

APAKAH ACTION FIGURE TERMASUK KATEGORI PATUNG?

Action Figure

Action figure – Miniatur Patung

Action figure adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastic atau material lainnya dan karakternya biasanya diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televise. Pada zaman dahulu memang action figure ini dipasarkan untuk anak lelaki. Ada pula action figure yang bisa diganti-ganti pakaiannya sering disebut sebagai action doll (boneka aksi) bedanya dari action figure adalah pakaiannya tidak bisa diganti-ganti atau sudah paten dicetak.

Pada bagian-bagian tubuh mainan ini dapat digerakkan pula, seperti kaki, tangan atau bagian tubuh yang lainnya. Di jepang, figure yang dapat digerakkan dengan bebas disebut dengan full action figure. Contohnya: RAH. Seri terkenal dari jenis ini: SOC (Soul Of Chogokin), SIC (Super Imagination Chougokin), RAH (Real Action Heroes).

Apakah-action-figure-termasuk-kategori-patung-fiber

Apakah-action-figure-termasuk-kategori-patung-fiber

Salah satu alasan utama dibuatnya action figure adalah

Karena fans dari sebuah film animasi atau fantasi sangat menggemari sebuah karakter tersebut berusaha mewujudkan fantasinya didalam dunia nyata, sehingga action figure ini menjadi semacam bentuk kecintaan manusia terhadap suatu karakter dan ternyata pecinta film animasi tersebut dapat mewujudkannya dengan terciptanya karakter yang digemarinya.

Dulu action figure sangat terkenal dikalangan anak lelaki karena mereka melambangkan suatu sifat maskulin. Pada awalnya action figure dibuat hanya untuk pasaran anak-anak saja. Kemudian action figure telah berkembang menjadi sebuah tren barang koleksi bagi para kolektor dewasa dan telah diproduksikan secara spesifik untuk orang dewasa. Dalam hal ini, barang tersebut semata-mata hanya untuk dipajang.

Mengenai masalah action figure termasuk kategori patung atau bukan, disini akan dijelaskan sedikit mengenai hal ini. Patung adalah hasil karya yang berbentuk 3 dimensi, biasanya dibuat dengan cara dipahat, modeling atau kasting. Dan merupakan hasil karya manusia yang diakui sebagai suatu karya seni. Tidak jauh berbeda, seperti yang dijelaskan diatas, Action figure merupakan suatu karya seni yang berbentuk kecil, bisa disebut juga dengan miniature patung atau patung dalam skala yang lebih kecil.

Jadi, action figure masih tergolong kedalam kategori patung. Memiliki nilai seni yang tinggi dan sering dijadikan sebagai penghias ruangan ataupun koleksi, dan bahkan ada beberapa action figure memiliki museumnya sendiri. Yang membedakan adalah hanya ukurannya saja. Pada umumnya ukuran dari action figure tidak lebih dari 20cm.

Comments are closed.